Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Nisa, Khairun (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Khairun_Nisa_15016114_3546_2019.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 251 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,80. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,50. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sebesar 42,51%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:03
Last Modified: 23 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item