Penerapan Penilaian Acuan Norma (PAN) pada Pelajaran Seni Budaya/Musik di Kelas VII-G SMP Negeri 12 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Chloriana, Wahyu (2019) Penerapan Penilaian Acuan Norma (PAN) pada Pelajaran Seni Budaya/Musik di Kelas VII-G SMP Negeri 12 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Wahyu_Chloriana_15023112_2944_2019.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan Penilaian Acuan Norma (PAN) pada Pelajaran Seni budaya/musik di Kelas VII-G SMP Negeri I 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, sebagai bentuk penilaian menggunakan acuan rerata kelas dalam menentukan hasil belajar siswa. Kajian teori yang digunakan berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, standar penilaian dan pembelajaran seni budaya/musik di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis. Dengan metode penelitian ini, objek penilaian berupa kegiatan guru dalam melaksanakan PAN dan penilaian hasil belajar siswa, diamati, diobservasi dan peneliti juga terlibat dalam mendiskusikannya dengan guru. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan PAN, hasil belajar siswa bisa diketahui dan ditingkatkan atas dasar kemampuannya sesama siswa. Peningkatan hasil belajar bisa dicapai, karena yang menjadi acuan penilaian adalah nilai rerata kelas. Meningkatnya nilai rerata kelas UAS, menunjukkan bahwa siswa secara bersama-sama belajar dan berusaha meningkatkan hasil belajamya. Selama PAN dilaksanankan, guru tetap melakukan motivasi kepada siswa untuk tetap belajar aktif dan bersemangat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:12
Last Modified: 22 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item