Pengaruh Kurikulum 2013 Revisi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Memainkan Alat Musik Barat) di SMAN 12 X 11 Enam Lingkung

Arif, Muhammad (2019) Pengaruh Kurikulum 2013 Revisi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Memainkan Alat Musik Barat) di SMAN 12 X 11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Muhammad_Arif_15023072_2730_2019.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum 2013 revisi terhadap hasil belajar seni budaya (memainkan alat musik barat) di SMA N 1 2 X 11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa Data dianalisis dengan taraf signifikan a= 0.05 dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum 2013 revisi dengan pendekatan CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa memainkan alat musik barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes akhir siswa memainkan alat musik barat dimana kelas eksperimen lebih tinggi (90,23) jika dibandingkan dengan kelas kontrol (84,36) tanpa menggunakan kurikulum 2013 revisi pendekatan CTL. Jika dilihat secara deskripsi 3 kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana keterampilan memainkan alat musik siswa kelas eksperimen meningkat lebih tinggi dibandin kelas kontrol. Dengan demikian kurikulum 2013 revisi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa memainkan alat musik barat di SMAN 1 2 x 11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:12
Last Modified: 22 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23708

Actions (login required)

View Item View Item