Analisis Gerak Tari Ulu Ambek di Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman: Aspek Ruang, Waktu dan Tenaga

Sari, Nilam Permata (2019) Analisis Gerak Tari Ulu Ambek di Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman: Aspek Ruang, Waktu dan Tenaga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Nilam_Permata_Sari_15023074_2604_2019.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan bentuk dari Analisis Gerak Tari Ulu Ambek di Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman Dilihat Dari Aspek Ruang, Waktu, dan Tenaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis handphone dan kamera digital. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah­ langkah dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Ulu Ambek merupakan kesenian tradisi yang pada masa sekarang hanya ditampilkan sebagai bentuk silaturrahami masyarakat antar nagari di Pariaman. Gerak yang ada pada Tari Ulu Ambek adalah 1) gerak sambah, (2) gerak lalu (menyerang), (3) gerak ambek (menangkis), (4) gerak langkah tigo, (5) gerak anggua, (6) gerak hantak, (7) gerak sambah panutuik, (8) gerak variasi. Analisis yang ditemukan dalam gerak Ulu Ambek dilihat dari 3 aspek, antara lain: 1) aspek ruang gerak Ulu Ambek terbagi menjadi garis gerak, volume gerak, arah hadap, level gerak dan fokus pandang, 2) aspek waktu gerak Ulu Ambek mengikuti tempo dan ritme alunan Dampeang (dendang) yang dilantunkan o leh pemusik, dan 3) aspek tenaga gerak Ulu Ambek terbagi menjadi intensitas gerak, aksen atau tekanan dan kualitas gerak yang berbeda­beda. Maka dapat disimpulkan tari Ulu Ambek memiliki analisis gerak berdasarkan aspek ruang, waktu, dan tenaga. Walaupun gerakan nya tidak terstruktur dengan rapi, namun masih dapat dilihat bentuk aspek ruang, waktu, dan tenaga dari tari Ulu Ambek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:12
Last Modified: 22 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item View Item