Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang

Liza, Ade Irma (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ade_Irma_Liza_1506057_3111_2019.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 158 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 79,39. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,23. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebesar 76,39%. Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi sebesar 76,39 % terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:58
Last Modified: 18 Oct 2019 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23689

Actions (login required)

View Item View Item