Belajar Pianika dengan Metode Tutor Sebaya Kelas X IPA 3 di SMA Negeri 7 Padang

Yusra, Ahmad Fauzan (2019) Belajar Pianika dengan Metode Tutor Sebaya Kelas X IPA 3 di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Ahmad_Fauzan_Yusra_15023065_3786_2019.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran pianika dengan menggunakan metode tutor sebaya di kelas X IPA 3 pada mata pelajaran seni budaya SMA N 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan metode tutor sebaya yang dilaksanakan di SMA N 7 Padang memperoleh hasil yang memuaskan bagi guru dan siswa. Siswa yang awalnya mengalami masalah dalam menangkap materi pelajaran sudah dapat menerima materi pelajaran dengan baik dan siswa yang menjadi tutor juga mendapatkan pengalaman barn yaitu untuk dapat berbicara didepan umum dan mereka juga belajar cara berbagi ilmu. Selama pembelajaran guru tetap sebagai fasilitator dan motivator yang aktif membimbing peserta didik. Berdasarkan hasil ujian praktek pianika semua siswa mendapatkan nilai diatas KKM atau diatas 80 dan satu yang tidak tuntas karena memilik kebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:35
Last Modified: 16 Oct 2019 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23666

Actions (login required)

View Item View Item