Pengembangan Modul Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Tentang Materi Fungi untuk Kelas X SMA/MA

Rosada, Nurul Amrina (2018) Pengembangan Modul Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Tentang Materi Fungi untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NURUL_AMRINA_ROSADA_14031097_3341_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan pengadaan bahan ajar berupa modul yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Modul yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 adalah yang memuat nilai-nilai kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan keterampilan. Keempat kecerdasan tersebut dikenal dengan istilah kecerdasan komprehensif. Namun yang memuat kecerdasan komprehensif itu belum diterapkan. Solusinya adalah membuat bahan ajar berupa modul, yang memuat nilai-nilai kecerdasan spiritual, sosial emasional, intelektual, dan keterampilan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bermuatan kecerdasan komprehensif yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Design research) yang menggunakan metode Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Penelitian dilakukan di SMAN 4 Padang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 4 Padang dan objek dari penelitian ini adalah produk modul bermuatan kecerdasan komprehensif tentang materi fungi untuk kelas X SMA/MA. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer, yakni data yang diperoleh langsung dilapangan oleh peneliti melalui instrumen (angket validitas dan praktikalitas), terhadap subjek penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil modul bermuatan kecerdasan komprehensif tentang materi fungi yang valid dan praktis melalui penelitian model Plomp yang meliputi tahap investigasi awal, tahap pengembangan dan tahan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 23:26
Last Modified: 07 Oct 2019 23:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23583

Actions (login required)

View Item View Item