Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berorientasi Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Padang

Ulfah, Nof Pebry (2018) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berorientasi Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NOF_PEBRY_ULFAH_14031094_3403_2018.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi masih rendah, termasuk remaja di kota Padang. Bahan Ajar Berorientasi Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja diduga efektif terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang berorientasi pada masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik yang telah dikembangkan oleh Januarisyah (2018). Penelitian telah dilaksanakan di SMAN 8 Padang pada materi KD 3.12 dan 3.13 terkait Sistem Reproduksi Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol mengunakan LKS dan Buku Ajar yang ada di sekolah dan kelas eksperimen menggunakan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berorientasi Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja.Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar kompetensi pengetahuan. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada peserta didik kelas kontrol. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berorientasi Promotif dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja dengan penerapan pembelajaran model PBL, berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 23:26
Last Modified: 07 Oct 2019 23:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item View Item