Analisis Pemahaman Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Syofyati, Niggita (2018) Analisis Pemahaman Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NIGGITA_SYOFYATI_14031092_3652_2018.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan salah satu cabang dari IPA. Biologisebagai salahsatu mata pelajaran IPA memiliki prinsip-prinsip yang berbeda dengan mata pelajaran IPA lainnya. Banyak konsep-konsep yang terdapat dalam pembelajaran biologi. Salah satu materi biologi yang banyak terdapat konsep-konsep di dalamnya dan sulit dipahami peserta didik adalah materi klasifikasi makhluk hidup. Materi klasifikasi makhluk hidup merupakan materi yang sangat padat. Selain itu, pada materi klasifikasi makhluk hidup banyak menggunakan istilah-istilah yang maknanya masih sulit dipahami oleh peserta didik. Oleh sebab itu, perlu diidentifikasi konsep-konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep materi klasifikasi makhluk hiduppadapesertadidikkelasVIIdiSMPNegeri8Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah 48 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan cara pemberian soal tes multiple choice dengan reasoning terbuka. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan soal objektifsebanyak51butirsoal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Padang memiliki tingkat pemahaman konsep pada kategori rendah yaitu sebesar 25%. Pemahaman konsep yang rendah meliputi konsep-konsep yang terdapat pada indikator ciri-ciri makhluk hidup 41.66%; dasar klasifikasi makhluk hidup 25.00%; konsep kunci determinasi 12.50%; kelompok monera dan protista 16.93%; ciri-ciri Kingdom Fungi 21.88%; ciri-ciri Kingdom Plantae 20.83%; perbedaan antara lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji 18.23%; ciri-ciri Kingdom Animalia 9.38% dan perbedaan antara hewan Vertebrata dan Invertebrata16.02%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 23:26
Last Modified: 07 Oct 2019 23:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item