Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Materi dan Strategi Pembelajaran serta Hubungannya dengan Capaian Pembelajaran pada Matakuliah Perkembangan Hewan di Jurusan Biologi FMIPA UNP

Hakim, Muhammad Abdul (2018) Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Materi dan Strategi Pembelajaran serta Hubungannya dengan Capaian Pembelajaran pada Matakuliah Perkembangan Hewan di Jurusan Biologi FMIPA UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUHAMMAD_ABDUL_HAKIM_14031060_4292_2018.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Perkembangan Hewan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada mahluk hidup khususnya padahewan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pemikiran dan pemahaman mahasiswa. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi ialah persepsi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran dan menghubungkannya dengan capaian pembelajaran pada matakuliah Perkembangan Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas Pendidikan Biologi D 2016 dan mahasiswa kelas Biologi C 2016. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Spearman–rank, selanjutnya digunakan uji-t untuk mengetahui korelasi berarti atau tidak. Persentase sumbangan dari hubungan persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran dengan capaian pembelajaran dianalisis menggunakan rumus koefisien penentu/determinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran yang digunakan dosen dalam perkuliahan Perkembangan Hewan adalah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t, tidak terdapat hubungan yang berarti antara persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran dengan capaian pembelajaran. Kriteria korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran dengan capaian pembelajaran di kelas Pendidikan Biologi D 2016 dan Biologi C 2016 adalah sangat lemah sampai lemah (0,144–0,365) dengan salah satu nilai korelasi berlawanan arah (-0,023). Terdapat hubungan yang berarti antara persepsi mahasiswa terhadap materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran. Kriteria korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran di kelas Biologi C 2016 dan Pendidikan Biologi D 2016 adalah sedang dan kuat (0,326 dan 0,242) dengan sumbangan nilai secara berturut-turut sebesar 10,628% dan 5,86%. Tidak terdapat hubungan yang berarti antara persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran secara bersamasama dengan capaian pembelajaran di kelas Pendidikan Biologi D 2016 dan Biologi C 2016. Kriteria korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap materi dan strategi pembelajaran secara bersama-sama dengan capaian pembelajaran di kelas Pendidikan Biologi D 2016 dan Biologi C 2016 adalah lemah (0,383 dan 0,145).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:27
Last Modified: 07 Oct 2019 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23571

Actions (login required)

View Item View Item