Pengaruh Metode Snowball Throwingterhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VII SMP Negeri 11 Padang

Wulandari, Wirsya Ayu Kartini (2019) Pengaruh Metode Snowball Throwingterhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Wirsya_Ayu_Kartini_Wulandari_15023039_2505_2019.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitianiniadalahmenerapkan tentang pengaruh metode Snowball Throwing pada pembelajaran Seni Budaya(Musik) di Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. J enis penelitian ini kuantitatif.Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Instrumen yang dipakai adalah tes dengan menggunakan pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir(posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan langkah­ langkah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan metode Snowball Throwing dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, dapat dilihat dari hasil rata­rata nilai test tertulis kelas eksperimen 90 dan nilai keterampilan 90 Sedangkan pada kelas kontrol hasil rata­rata nilai test tertulis 83 dan nilai keterampilan 84. Dari perhitungan uji thitung pada tes tertulis di peroleh nilai thitung4,05> 1,87ttabe1sedangkan untuk nilai keterampilan diperoleh nilai thitung4.54> 1.87ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Seni Budaya sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pengetahuan deklaratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:39
Last Modified: 07 Oct 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item