Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terstruktur tentang Materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Juliani, Mega (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terstruktur tentang Materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MEGA_JULIANI_1301521_3710_2018.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Sistem pencernaan pada manusia merupakan suatu materi pembelajaran untuk peserta didik Kelas VIII SMP. Peserta didik sulit memahami materi sistem pencernaan manusia dikarenakan peserta didik beranggapan bahwa materi sistem pencernaan manusia tersebut terkait konsep-konsep. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi penguasaan peserta didik terhadap materi sistem pencernaan manusia. Pendekatan inkuiri terstruktur merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik menemukan pengetahuan, ide atau gagasan, sehingga mampu membangun konsep sendiri. Pendekatan ini didasarkan pada proses pencarian dan penemuan konsep sendiri secara sistematis melalui penyelidikan ilmiah, sehingga mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Pendekatan inkuiri terstruktur dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran dan bahan ajar. Satu bahan ajar yang digunakan adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terstruktur tentang materi sistem pencernaan pada manusia untuk peserta didik Kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D models yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Produk yang dihasilkan berupa LKPD berbasis inkuiri terstruktur tentang materi sistem pencernaan pada manusia untuk peserta didik Kelas VIII SMP. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data untuk tahap pendefinisian dan perancangan dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data dari tahap pengembangan, yakni validitas dan praktikalitas dianalisis secara kuantitatif. Validasi terhadap LKPD dilakukan oleh tiga validator dan uji praktikalitas oleh satu guru IPA dan 30 peserta didik Kelas VIII SMPN 4 Padang. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata LKPD yang dikembangkan 86,44% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan nilai rata-rata LKPD yang dikembangkan 86,11% dengan kriteria praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik menunjukkan nilai rata-rata LKPD yang dikembangkan 85,79% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terstruktur yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:38
Last Modified: 07 Oct 2019 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item