Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Jasni, Martika (2019) Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Martika_Jasni_15016044_3493_2019.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kontribusi kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi kebiasaan membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 167 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 43 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil pengisian angket kebiasaan membaca, skor hasil pengisian angket motivasi belajar, dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, kebiasaan membaca berkontribusi secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebesar 15,21%. Kedua, motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebesar 30,25%. Ketiga, kebiasaan membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebesar 35,35%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca dan motivasi belajar berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin tinggi kebiasaan membaca dan motivasi belajar akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksposisi. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi maka kebiasaan membaca dan motivasi belajar juga harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:07
Last Modified: 07 Oct 2019 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23559

Actions (login required)

View Item View Item