Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda untuk Peserta Didik Kelas VII SMP.

Isnaini, Jenny (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_JENNI_ISNAINI_14031080_3582_2018.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis peneliti terhadap kegiatan peserta didik yang terdapat pada buku IPA yang diterbitkan oleh Kemendikbud, peneliti dapati bahwa kegiatan peserta didik pada buku IPA belum semuanya sesuai dengan kurikulum dan pendekatan saintifik, sehingga perlu dikembangkannya LKPD berbasis pendektan saintifik. Berdasarkan wawancara dengan guru IPA diketahui materi klasifikasi makhluk hidup dan benda sulit dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan masalah-masalah yang peneliti temukan, peneliti melakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda untuk peserta didik kelas VII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tahapan 4-D models. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan pada 4-D models, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang guru IPA SMPN 1 Padang dan 30 orang peserta didik kelas VII SMPN 1 Padang. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda untuk peserta didik kelas VII SMP. Hasil validasi diperoleh rata-rata 94,48% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari guru diperoleh rata-rata 90,62% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas dari peserta didik diperoleh rata-rata 87,20% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda untuk peserta didik kelas VII SMP telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:29
Last Modified: 03 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item