Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Zarmi, Hariyati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_HARIYATI_ZARMI_14031075_4101_2018.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari permasalahan di SMP Negeri 11 Padang yaitu hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong sedang, hasil belajar kompetensi pengetahuan peserta didik masih di bawah KKM, dan belum diterapkan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem pernapasan manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 11 Padang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pada penelitian ini Kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay sebanyak 10 butir soal untuk melihat tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,81 dibandingkan kelas kontrol 76,43. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang pada materi Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:04
Last Modified: 02 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23512

Actions (login required)

View Item View Item