Ketidakefektifan Kalimat dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan

Pitriani, Silfia (2019) Ketidakefektifan Kalimat dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Silfia_Pitriani_15016053_3225_2019.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan kalimat tidak efektif yang cukup banyak pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Kalimat efektif seharusnya mutlak digunakan, agar informasi dalam teks laporan hasil obseevasi dapat dipahami oleh pembaca. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu mendeskripsikan ketidakefektifan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dari segi (1) pilihan kata, (2) struktur kalimat, dan (3) ejaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument penelitian ini adalah peneliti/penulis sendiri. Data penelitian ini berupa kalimat yang tidak efektif yang terdapat pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Sumber data penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Data penelitian dikumpulkan melalui studi dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan tugas siswa. Langkah-langkah menganalisis data adalah, (1) menginfentarisasi kalimat atau data pada sumber data, (2) mengidentifikasi ketidakefektifan kalimat pada data yang telah diifentaris, (3) menganalisis data yang telah diidentifikasi berdasarkan teori yang digunakan, (4) setelah menganalisis, dilakukan pembahasan data penelitian, ( 5) menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, ketidakefektifan kalimat dari segi pilihan kata yaitu pilihan kata tidak tepat dalam menulis teks laporan observasi siswa masih belum mampu dalam menggunakan pilihan kata yang tepat untuk kalimat yang ditulisnya, serta siswa masih belum bisa menggunakan kata-kata baku sesuai dengan KBBI didapatkan sebanyak 73 kalimat tidak efektif disebabkan pilihan kata yang salah. Kedua, ketidakefektifan kalimat dari segi struktur berupa kalimat yang tidak memiliki subjek dan kalimat yang hanya memiliki unsur keterangan, sebanyak 31 kalimat tidak efektif disebabkan struktur kalimat yang tidak lengkap. Ketiga, ketidakefektifan kalimat dari segi tanda baca terdapat tiga aspek, yaitu ( 1) penggunaan huruf kapital, (2) penulisan kata berupa penulisan kata depan di tidak tepat, penulisan yang kata tidak tepat, dan (3) penggunaan tanda baca berupa tanda titik (.), tanda koma (,), dan tanda hubung (-) yang masih belum sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia, sebanyak 88 kalimat tidak efektif karena penggunaan ejaan yang tidak tepat. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalimat efektif dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan tergolong buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:04
Last Modified: 02 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23509

Actions (login required)

View Item View Item