Identfikasi Kemampuan Metakognisi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Semester Dua di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan

Zuliani, Gona (2018) Identfikasi Kemampuan Metakognisi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Semester Dua di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_GONA_ZULIANI_14031074_3734_2018.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Kemampuan metakognisi memungkinkan peserta didik untuk dapat melakukan perencanaan, mengikuti perkembangan, serta memantau proses pembelajaran, sehingga metakognisi merupakan bagian penting dari pengajaran dan pembelajaran. melalui metakognisi peserta didik mampu menjadi pembelajar mandiri, menumbuhkan sikap jujur, berani mengakui kesalahan, dan dapat meningkatkan hasil belajar secara nyata. Suatu kompetensi yang diharapkan yang dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran biologi adalah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kemampuan metakognisi dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi Semester dua di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pariangan yang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini adalah semua anggota populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Saturation Sampling,dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil analisis data menunjukkan bahwaKemampuan Metakognisi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Semester Dua di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan tidak baik. Berdasarkan hasil analisis menggunakanSpearman-Rank dan dilanjutkan dengan uji-t,tidak berkolerasi positifkemampuan metakognisi dengan hasil belajar peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pariangan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:03
Last Modified: 02 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23503

Actions (login required)

View Item View Item