Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan Metode Cooperative Learning di Kelas VIII.4 pada SMP N 17 Padang

Candani, Fuby (2019) Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan Metode Cooperative Learning di Kelas VIII.4 pada SMP N 17 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Fuby_Candani_15023130_2603_2019.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan/mendeskripsikan mengenai minat belajar siswa terhadap pembelajaran seni tari melalui penggunaan metode cooperative learning di kelas VIII 4 SMP Negeri 17 Padang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Class Room Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, verivikasi data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari di kelas VIII/4 SMP Negeri 17 Padang dengan materi tari Payung sebelumnya mengalami penurunan setelah diterapkan metode cooperative learning minat belajar dan nilai siswa mengalami peningkatan sesuai KKM. Rekomendasi hasil penelitian terdapat peningkatan minat siswa per siklus sebanyak yaitu pada siklus pertama terdapat peningkatan sebanyak 32,26% dan pada siklus kedua terdapat peningkatan minat sebanyak 25,8 %. Secara keseluruhan akibat dari tindakan guru menggunakan metode cooperative learning tersebut telah terjadi peningkatan secara kuantitatif sebanyak 58,06%. Dapat dilihat bahwa dari 21 orang siswa yang tidak mencapai nilai KKM dari aktivitas menari sekarang hanya tinggal 3 orang yang belum mencapai nilai KKM, tetapi nilainya terns meningkat dari nilai awalnya. Maka disimpulkan bahwa dampak dari tindakan guru seni budaya menggunakan metode cooperative learning telah terjadi peningkatan pada perhatian, keinginan, dan partisipasi siwa dalam mengikuti pembelajaran seni tari di kelas VIII/4 SMP Negeri 17 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23494

Actions (login required)

View Item View Item