Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok

Ulfa, Wildani (2019) Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Wildani_Ulfa_15016137_3744_2019.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok. J enis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data penelitian ini adalah tulisan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui studi langsung dengan teknik pancing. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1) peneliti mengidentifikasi unsur umum yang terdapat dalam teks prosedur, (2) menganalisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa, (3) hasil analisis peneliti diperiksa atau di eek kembali oleh informan, (4) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur teks prosedur. Struktur teks terdiri atas judul, tujuan, alat atau bahan, langkah-langkah, dan penutup. Identifikasi atau gambaran umum dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok secara keseluruhan telah memiliki judul. Dari 32 data penelitian semua teks prosedur memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum belum menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari 32 teks yang dianalisis hanya 8 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya alat atau bahan, serta langkah-langkah. Dari 32 data penelitian semua teks prosedur memiliki alat atau bahan, serta memiliki langkah-langkah. Terakhir bagian penutup. Siswa belum mampu menuliskan penutup yang baik dalam membuat teks prosedur. Hal ini terbukti dari 32 teks yang dianalisis hanya 6 teks yang memiliki penutup. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan. Kebahasaan yang dianalisis ada tiga yaitu diksi, konjungsi, dan kalimat imperatif. Dari 32 data penelitian ditemukan 4.099 jumlah diksi yang terdiri atas 3.949 diksi baku dan 150 diksi yang tidak baku. Dari 32 data penelitian ditemukan 436 jumlah konjungsi yang terdiri atas 420 penggunaan ketepatan konjungsi dan 16 konjungsi yang tidak tepat. Dari 32 data penelitian ditemukan 296 jumlah kalimat secara keseluruhan. Dari 296 kalimat terdapat 261 kalimat imperatif yang terdiri atas 147 kalimat imperatif yang tepat dalam penulisannya dan 114 ketidaktepatan penulisan kalimat imperatif. Jadi, siswa kelas VII SMP N egeri 1 Kota Solok cenderung menggunakan diksi baku, dan konjungsi yang tepat dalam pembuatan teks prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23483

Actions (login required)

View Item View Item