Nilai Cinta Kasih dalam Novel No Place Like Home Karya Alma Aridatha dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Siswa Kelas XII SMA

Utami, Indri Yasa (2019) Nilai Cinta Kasih dalam Novel No Place Like Home Karya Alma Aridatha dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Siswa Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Indri_Yasa_Utami_15016066_2992_2019.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai cinta kasih dalam novel No Place Like Home karya Alma Aridatha dan implementasinya dalam pembelajaran teks novel siswa kelas XII SMA. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan dan menganalisis unsur intrinsik, nilai cinta kasih, dan implementasi nilai cinta kasih dalam novel No Place Like Home karya Alma Aridatha dalam pembelajaran teks novel siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah novel No Place Like Homekarya Alma Aridatha. Data di dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengindikasikan permasalahan nilai cinta kasih dalam novel tersebut. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen lain berupa lembaran pencatatan. Teknik pengumpulan data, yaitu membaca dan memahami novel No Place Like Home karya Alma Aridatha, melakukan studi kepustakaan berkaitan dengan masalah penelitian, serta mencari dan mencatat data yang berkaitan dengan masalah penelitian yang terdapat di dalam novel. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal berikut.Pertama, unsur intrinsik yang terdapat dalam novel No Place Like Home karya Alma Aridatha, yaitu tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Kedua, nilai cinta kasih yang terdapat dalam novel No Place Like Home karya Alma Aridatha, yaitu (1) nilai cinta kasih kepada Tuhan; (2) nilai cinta kasih kepada keluarga; (3) nilai cinta kasih kepada sesama; dan (4) nilai cinta kasih kepada diri sendiri. Ketiga, implementasi nilai cinta kasih dalam novel No Place Like Home karya Alma Aridatha dalam pembelajaran teks novel kelas XII SMA Kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar yang berkaitan dengan tiga aspek penilaian, yaitu penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru menyarankan novel No Place Like Home karya Alma Aridatha yang mudah dipahami oleh peserta didik dalam pembelajaran teks novel di SMA agar tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:48
Last Modified: 24 Sep 2019 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23434

Actions (login required)

View Item View Item