Analisis Manajemen Laboratorium Biologi di SMA Negeri se Kota Padang

Capah, Arfani Yusfefa (2018) Analisis Manajemen Laboratorium Biologi di SMA Negeri se Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ARFANI_YUSFEFA_CAPAH_14031025_4695_2018.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan ilmu yang memiliki arti penting bagi pendidikan di sekolah, karena berkaitan dengan mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga biologi bukan hanya penguasaan tentang kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajaran biologi tidak lepas dari kegiatan praktikum yang dilakukan di laboratorium. Pengelolaan laboratorium haruslah dikelola dengan baik tapi berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru biologi di SMA Negeri di Kota Padang terlihat masih ada pengelolaan atau manajemen yang belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kota Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium biologi SMA Negeri se-Kota Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kepala laboratorium atau guru biologi di SMA Negeri se-Kota Padang yang terdiri dari 17 SMA Negeri. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laboratorium biologi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah persentase yang dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa manajemen laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kota Padang memiliki rata-rata persentase sebesar 87,4% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil dari masng-masing komponen manajemen laboratoriumnya yaitu: perencanaan sarana dan prasarana memiliki persentase 89,4% dengan kriteria sangat baik, perencanaan jadwal praktikum memiliki persentase 90% dengan kriteria sangat baik, sumber dana laboratorium memiliki persentase 77,9% dengan kriteria baik, pengadministrasian alat dan bahan memiliki persentase 88,2 % dengan kriteria sangat baik, pengorganisasian memiliki persentase 80,2% dengan kriteria baik, pelaksanaan memiliki persentase 92,6% dengan kriteria baik, dan pengawasan memiliki persentase 93,1% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:38
Last Modified: 24 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item