Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Disertai Metode Drill Tentang Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA.

Alfendri, Alfendri (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Disertai Metode Drill Tentang Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ALFENDRI_14031054_3307_2018.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Salah satu alat komunikasi dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Di sekolah guru lebih sering menggunakan media berupa papan tulis. Media tersebut tidak melibatkan semua gaya belajar peserta didik, akibatnya peserta didik kurang termotivasi dan kurang aktif. Sebanyak 86% peserta didik kesulitan memahami materi sistem pencernaan manusia sehingga dibutuhkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif. Guru diharapkan mampu meningkatkan kecakapan, ketangkasan dan keterampilan peserta didik melalui metode drill. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan multimedia interaktif menggunakan macrmedia flash disertai metode drill tentang materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp. Model ini ada tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Uji validasi dilakukan oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru serta 21 orang peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Bukit Sundi. Hasil validitas didapatkan nilai rata-rata yaitu 94,33% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru yaitu 93,76% dengan kriteria sangat praktis dan nilai uji praktikalitas oleh peserta didik yaitu 92,15% dengan kriteria sangat praktis. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan macrmedia flash disertai metode drill tentang materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik kelas XI SMA yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:38
Last Modified: 24 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item View Item