Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang

Masya, Necya Khairyah (2019) Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Necya_Khairyah_Masya_15023017_3779_2019.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pembelajaran terpadu model webbed terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran seni budaya di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Objek penelitian yaitu siswa kelas VIII, dengan instrument peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan dan observasi. Sedangkan analisis data secara kuantitatif terhadap hasil belajar dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran terpadu webbed dalam pembelajaran seni budaya membuat siswa lebih aktif bersemangat dan lebih mudah memahami materi di dalam pembelajaran. Dengan demikian juga terlihat pada hasil belajar seni budaya siswa kelas eksperimen lebih memiliki nilai yang tinggi dan lebih baik dari pada kelas kontrol. Penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan nilai rata-rata yang menggunakan model pembelajaran terpadu webbed adalah 83,3 berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional nilai rata-rata hasil belajarnya adalah 76,4. Oleh karena itu terdapat pengaruh pada hipotesis hasil belajar pengetahuan dengan uji t Fhitung 10,36 dan hasil belajar keterampian Fhitung 8,05 lebih besar dari Ftabet 1,67 pada taraf nyata 0,05. Dengan kata lain didapatkan nilai Fhitung>Ftabet sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:49
Last Modified: 20 Sep 2019 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item