Optimasi Biaya Transportasi Pengiriman Barang di PT. Selatan jaya Aditama Perkasa dengan Kombinasi Least CostMethod (LCM) dan Stepping Stone Method (SSM)

Sandra, Meidiani (2018) Optimasi Biaya Transportasi Pengiriman Barang di PT. Selatan jaya Aditama Perkasa dengan Kombinasi Least CostMethod (LCM) dan Stepping Stone Method (SSM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MEIDIANI_SANDRA_14030008_3643_2018.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Suatu perusahaan distributor biasanya memiliki kendala dalam pengiriman barang ke toko atau swalayan-swalayan yang dituju. Keterbatasan ini meliputi barang yang diantar harus tepat waktu, permintaan barang pada suatu toko tidak dapat diantar dalam sekali pengantaran atau dalam sekali waktu. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk menyelesaikan permasalahan transportasi untuk meminimumkan biaya pengiriman dengan metode transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pengiriman barang pada masalah transportasi. Kemudian untuk megetahui biaya optimal untuk masalah transportasi dengan Least Cost Method (LCM) dan Stepping Stone Method (SSM) pada pengirimanbarang. Metode yang digunakan adalah Least Cost Method dan Stepping Stone Method. Least Cost Method merupakan salah satu metode transportasi yang menghasilkan solusi awal biaya pengiriman barang dengan mengalokasikan barang ke kotak yang memiliki biaya terkecil. Adanya kelemahan Least Cost Method (LCM) adalah tidak mempertimbangkan biaya pengiriman barang, maka dioptimalkandengan SteppingStone Method(SSM) agarbiaya cenderung optimal. Sedangkan Stepping Stone Method adalah salah satu metode lanjutan dari Least Cost Method yang dapat meminimumkan biaya pengiriman barang dengan cara melakukan evaluasi sel kosong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari PT.SelatanjayaAditamaPerkasapadabulanMaret2018. Least Cost Method menghasilkan biaya sebesar Rp. 11.252.000. Kemudian diperoleh biaya pengiriman barang dengan menggunakan Stepping Stone Method sebesar Rp. 11.252.000 yang dapat menurunkan biaya sebesar 10,71% yang merupakan biaya optimum pengiriman barang. Karena biaya pengiriman barang yang dikeluarkan oleh PT. Selatanjaya Aditama Perkasa pada bulan Maret 2018 adalahsebesarRp.12.602.400.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:50
Last Modified: 18 Sep 2019 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item