Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan

Kurnia, Eriska (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Eriska_Kurnia_15016038_3146_2019.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 167 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII UPT SMP Negeri lKoto XI Tarusan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 72,62. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,25. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung>ttabel, yaitu 2,73> 1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 72,62. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,25. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 17 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item