Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI TITL Pada mata pelajaran Mesin-Mesin Listrik di SMKN 1 Pariaman

Hunafa, Hunafa (2017) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI TITL Pada mata pelajaran Mesin-Mesin Listrik di SMKN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_HUNAFA_1208997_688_2017.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa di SMK N 1 Pariaman kelas XI TITL 1 pada mata pelajaran Mesin-Mesin Listrik. Model pembelajaran Tutor Sebaya adalah strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok. Disamping itu, dengan penerapan model tutor Sebaya ini siswa dapat Menbantu teman yang kurang pandai dalam kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mesin-Mesin Listrik dengan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya di kelas XI TITL SMK N 1 Pariaman. Desain penelitian adalah quasi eksperiment dengan penelitian One Group pretest- posttest desain, penelitian ini dilakukan terhadap 38 siswa kelas XI TITL 1 SMKN 1 Pariaman, sedangkan ujicoba soal dilaksanakan di kelas XI TITL II SMKN 1Pariaman. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Instrumen tersebut sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya maka diperoleh 30 soal pre-test dan post-test yang valid. Reliabilitas soal pre-test adalah 0.942 dan realibilitas Post-test adalah 0.943.hasil perhitungan uji normalitas data hasil belajar siswa setelah perlakuan didapatkan mean = 87.07 diperoleh χ2 hitung = 2.07 Banyaknya data 38 dan dk = 6 maka diperoleh χ2 tabel = 12,59 dengan demikian χ2 hitung < χ2 tabel, ini berarti nilai post-test hasil belajar Mesin- Mesin Listrik terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya 63.03 dan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya sebesar 87.08. Hasil perhitungan dengan rumus gain score diperoleh sebesar = 0,651 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar Mesin-Mesin Listrik siswa kelas XI SMKN 1 Pariaman dengan menggunakan model pembelajaran Tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23227

Actions (login required)

View Item View Item