Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-Dasar Gambar Teknik pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Padang.

Zulhendra, Zulhendra (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-Dasar Gambar Teknik pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZULHENDRA_55379_1929_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Diklat Dasar-Dasar Gambar Teknik. Penelitian ini termasuk penelitian Quasy Experimental Design dalam bentuk Pretest Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X GB A sebagai kelas eksperimen dan kelas X GB B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitan ini adalah tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang berbentuk soal objektif berjumlah 28 butir soal yang telah diuji validitasnya, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal. Data yang diperoleh menggunakan uji t (perbedaan dua rata-rata) dengan menggunakan nilai Gain Score (selisih nilai pretest dengan nilai posttest). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest 44,85 dan posttest 74,47, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata skor pretest 45,02 dan posttest 69,91. Dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Setelah itu dilakukan uji t diperoleh t hitung = 2,774 dan t tabel 1,998 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Mata Diklat Dasar-Dasar Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item