Hubungan Persepsi Peserta Didik terhadap Strategi Pembelajaran Guru dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pariaman

Khairani, Imelda (2019) Hubungan Persepsi Peserta Didik terhadap Strategi Pembelajaran Guru dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Imelda_Khairani_15031013_1692_2019.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dang mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kompetensi belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi belajar adalah strategi pembelajaran guru. Strategi pembelajaran guru adalah semua prosedur atau rancangan yang dimiliki seorang pendidik yang memberikan ilmu pengetahuan pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Hasil observasi di SMAN 3 Pariaman menunjukkan kompetensi peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi peserta didik terhadap strategi pembelajaran guru dengan kompetensi belajar biologi peserta didik di kelas X. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkatan persepsi peserta didik terhadap strategi pembelajaran guru dengan kompetensi belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 3 Pariaman. Hal ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket persepsi tentang strategi pembelajaran guru. Pemyataan dalam angket persepsi terdiri atas 20 butir pemyataan. Angket ini divalidasi terlebih dahulu oleh 1 orang dosen jurusan biologi UNP dan 1 orang guru biologi yang mengajar di SMAN 3 Pariaman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan distribusi skor dan analisis korelasi yang bisa dijadikan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkatan persepsi peserta didik terhadap strategi pembelajaran guru tergolong dalam kategori baik sedangkan data tentang kompetensi pengetahuan dikategorikan baik dan data kompetensi keterampilan dikategorikan sangat baik serta terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap strategi pembelajaran guru dengan kompetensi belajar biologi peserta didik di SMAN 3 Pariaman. Hubungan persepsi peserta didik terhadap strategi pembelajaran guru dangan kompetensi pengetahuan dan keterampilan biologi peserta didik dinyatakan sangat lemah dengan persentase 4% dan 0,16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:50
Last Modified: 11 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23137

Actions (login required)

View Item View Item