Korelasi Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Basil Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII SMPN egeri 35 Padang

Putri, Eldyana Rahayu (2019) Korelasi Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Basil Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII SMPN egeri 35 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Eldyana_Rahayu_Putri_15031103_1976_2019.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan komponen penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran IPA. Guru harus mengenali keterampilan proses sains dari masing-masing peserta didiknya agar dapat menyiapkan strategi belajar mengajar sesuai. Tujuan dari penelitian ini ialah menentukan korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 136 orang dan difokuskan dalam mengkaji keterampilan proses sains dasar dalam 6 tingkatan yakni mengamati, mengukur, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi dan mengomunikasikan dan korelasinya dengan hasil belajar. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari LKPD dan tes penilaian kognitif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara keterampilan proses sains dasar dengan hasil belajar peserta didik keseluruhan dengan nilai r5=0,43, yang berarti tingkat korelasi sedang dan hubungan kedua variabel positif dan signifikan. Pada kelompok tinggi, korelasi antara keterampilan proses sains dasar dengan hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai r5=0,43, dan korelasi antara keterampilan proses sains dasar tingkat tinggi (prediksi, inferensi dan komunikasi) dengan hasil belajar pada soal C4-C6 dengan nilai rxy=0,41, keduanya menunjukkan bahwa tingkat korelasi sedang dan hubungan variabel positif serta signifikan. Pada kelompok rendah, korelasi antara keterampilan proses sains dasar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai rs=0,21 dan korelasi antara keterampilan proses sains dasar tingkat rendah (mengamati, mengukur dan mengklasifikasi) dengan hasil belajar pada soal Cl-C3 dengan nilai rxy=0,29, menunjukkan kedua tingkat korelasi lemah dan hubungan variabelnya tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:46
Last Modified: 10 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item