Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Padang

Syafrina, Nina (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NINA_SYAFRINA_1305590_4338_2018.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran.Namun, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang masih rendah. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan untuk melihat apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design.Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang tahun pelajaran 2017/2018.Sampel penelitian adalah kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis dan kuis.Data perkembangan pemahaman konsep matematis dideskripsikan melalui hasil kuis selama penelitian, sedangkan tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil kuis, diperoleh perkembangan pemahaman konsep matematis berkembang dengan baik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Pada analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,013 kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item View Item