Komparasi Hasil Belajar Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Audio Video Smkn 1 Lintau Buo.

Oktavia, Lussy Four (2017) Komparasi Hasil Belajar Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Audio Video Smkn 1 Lintau Buo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_LUSSY_FOUR_OKTAVIA_1201909_083_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komparasi/perbandingan hasil belajar antara model pembelajaran Flipped Classroom (FC) dengan Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Teknik Audio Video (TAV) semester genap SMKN 1 Lintau Buo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X TAV Grup A menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan kelas kontrol adalah X TAV B menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 76,70, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 65,99. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (4,656 > 2,056 ), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom (FC) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan siswa menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom (FC) lebih tinggi nilainya dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item