Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Padang

Azhari, Mutiara (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUTIARA_AZHARI_1305601_4242_2018.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang masih rendah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe TAI dan yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 25 Padang. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah kelas VII SMPN 25 Padang dengan sampel kelas VII.6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelompok kontrol. Instrumen pada penelitian ini tes pemahaman konsep matematis dan kuis. Data untuk nilai kuis dilihat dari ketercapaian setiap indikator dan perolehan skor setiap pertemuan, sedangkan tes pemahaman konsep matematis dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil kuis, diperoleh perkembangan pemahaman konsep matematis mengalami peningkatan selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Pada analisis tes pemahaman konsep matematis diperoleh Pvalue = 0,008 kurang dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23050

Actions (login required)

View Item View Item