Iqbal, Muhammad (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA di SMAN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_MUHAMMAD_IQBAL_12012564295_2018.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah. Tetapi pada kenyataannya tujuan pembelajaran matematika ini belum sepenuhnya tercapai di kelas X MIPA SMAN 1 Padang Panjang. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik masih rendah. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang diperoleh adalah peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang dianalisis dengan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-Value = 0,0392 dengan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 02:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 02:41 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23048 |
Actions (login required)
View Item |