Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Zurianti, Lisma (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LISMA_ZURIANTI_1301365_4359_2018.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Namun, pada kenyataannya hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah. Penyebabnya antara lain adalah siswa cenderung pasif dalam menerima pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Pairs Check lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk soal uraian, yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Pairs Check memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:41
Last Modified: 09 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item