Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang.

Werdaningsih, Een (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_EGI_NOVENDRA_1206207_305_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika kelas 1E1A dan 1E2A semester genap SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive , sebagai kelas eksperimen adalah 1E2A menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol adalah 1E1A menggunakan model pembelajaran kooperatif .Teknik pengumpulan data dari nilai postest, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86.19, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 81.62. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0.05 didapatkan t hitung > t table (3.31 > 1.702), karena t hitung > t table, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT pada mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23023

Actions (login required)

View Item View Item