Pengaruh Penerapn Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Payakumbuh

Murni, Ivo Septia (2018) Pengaruh Penerapn Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IVO_SEPTIA_MURNI_1301357_3243_2018.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Payakumbuh masih tergolong rendah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif untuk membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajarannya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design, dengan populasi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, peserta didik kelas XI MIA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji U-Mann Whitney. Berdasarkan analisis data penelitian pada taraf nyata diperoleh Pvalue = 0,0078, karena P-value , tolak . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22973

Actions (login required)

View Item View Item