Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang

Rahmawati, Im (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IM_RAHMAWATI_1301362_4164_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Padang tahun ajaran 2017/2018 . Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana (simple randomized sampling), yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang dianalisis dengan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan kesalahan data pada penelitian ini adalah 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22969

Actions (login required)

View Item View Item