Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 34 Padang

Rahmi, Hilvi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HILVI_RAHMI_1301368_4329_2018.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap aktivitas dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi siswa dan tes kemampuan komunikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terlihat peningkatan pada aktivitas menuliskan ide/jawaban dari permasalahan yang diberikan dan berpartisipasi dalam memecahkan permasalahan pada saat diskusi kelompok. Selanjutnya, hasil analisis data tes kemampuan komunikasi matematika diperoleh P-Value 0,002. Karena P-value < , maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VII SMP Negeri 34 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item View Item