Pengembangan E-Modul Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk Kelas X SMA/MA

Cheva, Violanda Kenichi (2019) Pengembangan E-Modul Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Violanda_Kenichi_Cheva_15035121_1792_2019.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut guru untuk menggunakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran. Pendekatan saintifik sesuai dengan langkah beberapa model pembelajaran yang salah satunya adalah inkuiri. Salah satu tingkatan dalam model pembelajaran inkuiri yaitu inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat keperiodikan unsur untuk SMA/MA kelas X dan menentukan validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen kimia FMIPA UNP dan 3 guru kimia SMA yaitu SMAS Pembangunan Laboratorium UNP, SMAN 2 Padang, dan SMAN 8 Padang, Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru kimia yaitu SMAS Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 8 Padang dan 20 siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Instrument penelitian ini menggunakan angket validitas dan angket praktikalitas yang hasilnya menggunakan formula Kappa Cohen. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing dengan rata-rata momen kappa 0.88 yang menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas guru dan siswa dengan diperoleh rata-rata momen kappa yaitu 0,85 dan 0,87 dengan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:07
Last Modified: 04 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item