Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMA N 7 Padang

Agusti, Putri Pramyta (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMA N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Putri_Pramyta_Agusti_14029088_722_2019.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Komunikasi Matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika. Namun, fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XII IPA SMAN 7 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga membuat peserta didik pasif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe TSTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan komunikasi peserta didik yang belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe TSTS dengan pembelajaran konvensional di kelas XII IPA SMAN 7 Padang dan mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Penelitian ini gabungan penelitian deskritif dan kuasi eksperimen dengan rancangan randomized control grup pre-test post-test desing, dengan populasi peserta didik kelas XII IPA SMAN 7 Padang dengan sampel yaitu : kelas XII IPA 6 sebagai kelompok eksperimen dan XII IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dan observasi. Data yang dikumpulkan untuk aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif dan kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model TSTS lebih baik daripada yang belajar dengan model konvensional. Aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model TSTS juga meningkat, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:49
Last Modified: 03 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item