Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X MIP A SMAN 1 Batusangkar

Fajriani, Sofni (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X MIP A SMAN 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Sofni_Fajriani_15029081_1728_2019...pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai dan berkembang dalam diri setiap peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih belum optimal dan belum difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan tersebut dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran group investigation (GI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran GI lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Batusangkar, dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,000, karena P-value < a maka Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran group investigation lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:03
Last Modified: 29 Aug 2019 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item