Pembelajaran Instrumen Musik Tradisional Rabab di Kelas X SMK Negeri 7 Padang

Okprioni, Vivin (2019) Pembelajaran Instrumen Musik Tradisional Rabab di Kelas X SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Vivin_Okprioni_15023057_2189_2019.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian rm bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran musik rabab pada siswa kelas X SMKN 7 Padang. Jenis penelitian ini kualitatif metode deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu di SMK Negeri 7 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini adalah 1) Mengumpulkan data di lapangan, 2) Mengidentifikasi data, 3)Mengklasifikasikan data berdasarkanjenisnya, 4) Mendeskripsikan data. Hasil penelitian dapat menjelaskan bahwa pembelajaran musik tradisional rabab di SMK Negeri 7 Padang dilakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu RPP dan silabus pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran musik rabab dilakukan dalam tiga kali pertemuan tatap muka yang di dalamnya terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam pembelajaran musik rabab dengan melakukan penilaian sesuai dengan kriteria penilaian. Pembelajaran musik tradisional rabab yang dilaksanakan guru di kelas X SMK Negeri 7 Padang belum berjalan dengan baik dan belum memenuhi target dari tujuan pembelajaran karena guru kurang memahami materi dan teknik bermain rabab dengan baik sehingga membuat siswa kurang memahami materi bermain musik rabab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:26
Last Modified: 26 Aug 2019 04:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item View Item