Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Bercerita di Taman Kanak-kanak Mutiara Al-Madani Desa Gedang, Kota Sungai Penuh

Novita, Selvira (2019) Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Bercerita di Taman Kanak-kanak Mutiara Al-Madani Desa Gedang, Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Selvira_Novita_14022161_1628_2019.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Mutiara Al Madani Desa Gedang, Kota Sungai Penuh, bahwa kemampuan bercerita anak belum berkembang dengan baik. Penekanan pengembangan bahasa anak lebih kepada bercerita. Salah satu cara yang dapat mengembangkan kemampuan bercerita anak usia dini adalah dengan media diorama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media diaroma dalam mengasah kemampuan bercerita di Taman Kanak-kanak Mutiara AL-Madani Desa Gedang, Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Mutiara Al Madani Desa Gedang Kota Sungai Penuh, dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelas BI dan kelas B2 masing-masingnya berjumlah 24 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 74,79 sedangkan pada kelompok kontrol adalah sebesar 68,54. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar (4.326). berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa kegiatan media diorama berpengaruh terhadap kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak Mutiara Al Madani Desa Gedang, Kota Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:20
Last Modified: 21 Aug 2019 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item