Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang

Yulia, Retina (2019) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Refina_Yulia_15016125_2162_2019.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 250 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 62 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektifuntuk mengukur keterampilan menyimak berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82,06. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 81,25. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang sebesar 79,03%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita. Semakin baik keterampilan menyimak berita (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks berita (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan menyimak yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:35
Last Modified: 21 Aug 2019 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22651

Actions (login required)

View Item View Item