Meningkatkan Hasil Belajar Tari Melalui Penerapan Strategi Think-Pair-Share di Kelas X SMK Negeri 2 Padang

Yuni, Rice Mai (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Tari Melalui Penerapan Strategi Think-Pair-Share di Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Rice_Maiyuni_14023031_2184_2019.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran seni tari di SMK Negeri 2 Padang dalam pembelajaran seni tari Nusantara melalui strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Think-Pair-Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Think-Pair-Share. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 Siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes subjek penelitian, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus ketuntasan klasial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada perolehan nilai siswa. Hal ini dapat dilihat meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pratindakan 65 kemudian Siklus I 72, 1 dan pada Siklus II 86,5. Hasil belajar siswa kelas X Akutansi I SMK N 2 Padang dalam pembelajaran seni tari dengan penerapan strategi tipemetode Think-Pair-Share pada pembelajaran tari Nusantara meningkat. Hasil tersebut tampak ketika siswa telah aktif di dalam kelas sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien serta berdampak kepada peningkatan hasil belajar siswa. Kemudian, dalam penerapan strategi tipe metodeThink-Pair- Share siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapat dan meningkatkan sosialisasi sertakomunikasi antar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:35
Last Modified: 21 Aug 2019 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22650

Actions (login required)

View Item View Item