Pengaruh Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VII di SMP Negeri 9 Padang

Monica, Tria (2019) Pengaruh Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VII di SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Tria_Monica_15023111_2267_2019.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya (musik) kelas VII di SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy experiment (eksperimen semu). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes berupa soal objektif (pilihan ganda). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan ujian tertulis terhadap siswa di kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan dengan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan metode inquiry di kelas VII SMP Negeri 9 Padang dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai tes tertulis dan keterampilan di kelas eksperimen yaitu berjumlah 87.5 untuk tes tertulis dan 85 untuk tes keterampilan. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, perolehan hasil nilai rata-rata kelas tersebut yaitu 81.6 untuk tes tertulis dan nilai rata-rata untuk tes keterampilan 80. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran seni budaya yaitu efektif untuk meningkatkan hasil belajar, karena metode inquiry dirancang agar siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi siswa berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:47
Last Modified: 20 Aug 2019 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item View Item