Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIP A SMAN 5 Bukittinggi

Yusni, Diana (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIP A SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Diana_Yusni_15031053_1883_2019.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian mencakup rendahnya kompetensi belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang diperoleh melalui observasi. Dibutuhkan suatu model pembelajaran yang efektif untuk menangani permasalahan tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Model ini merupakan inovasi dari model Predict Observe Explain (POE) yang menekankan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran demi tercipta kompetensi belajar ke arah yang lebih positif. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Plantae kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Dengan populasi penelitian yang terdiri seluruh kelas sepuluh MIPA SMAN 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 173 orang (lima kelas). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kompetensi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara berturut-turut perbandingan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol masing-masing kompetensi belajar adalah 74,88 > 67,42 pada kompetensi pengetahuan, 78,44 > 71,36 pada kompetensi sikap serta 80,29 > 72,24 pada kompetensi keterampilan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada setiap kompetensi belajar peserta didik dalam seluruh aspek. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Plantae di SMAN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:46
Last Modified: 20 Aug 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22602

Actions (login required)

View Item View Item