Korelasi Pengalaman Reseptif Berliterasi Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Solok

N ofrizon, Anggi (2019) Korelasi Pengalaman Reseptif Berliterasi Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Anggi_Nofrizon_1300834_2179_2019.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. (1) mendeskripsikan pengalaman reseptif berliterasi cerpen, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Solok, (3) mendeskripsikan korelasi pengalaman berliterasi cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Solok. J enis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 152 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 50 orang (30% dari jumlah populasi siswa per kelas). Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah pengalaman berliterasi cerpen sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis cerpen sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah angket mengenai pengalaman berliterasi cerpen siswa dan tes unjuk kerj a sebagai tes menulis cerpen. Data penelitian ini adalah skor dari angket untuk pengalaman berliterasi cerpen dan skor tes unjuk kerja untuk mendapat skor dan nilai siswa. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji validitas dan reliabilitas data. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. Pertama, pengalaman reseptif berliterasi cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok berada pada kualifikasi hampir cukup (59,75). Ketiga, tidak ada hubungan antara pengalaman berliterasi cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri Kota Solok. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengalaman berliterasi cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP 6 Kota Solok. Dengan demikian, pengalaman berliterasi cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok tidak memiliki hubungan dengan menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:15
Last Modified: 14 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22551

Actions (login required)

View Item View Item