Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan

Rahmi, Res tina (2019) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Restina_Rahmi_15016127_1983_2019.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 223 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 45 siswa. Data penelitian berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrument penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Uji persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, uji normalitas data dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,81. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 79,54. Ketiga, terdapat korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan n- 2 nilai thitung>ttabel (5,016> 1,68). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengetahuan kosakata berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik pengetahuan kosakata akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks berita siswa kelas VIII MTs.N 2 Pesisir Selatan, diperlukan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:59
Last Modified: 02 Aug 2019 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item