Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VIII. I di SMPN egeri 4 Padang

Marsiano, Evindo (2019) Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VIII. I di SMPN egeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Evindo_Marsiano_15023048_1802_2019.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat proses pembelajaran seni budaya terutama pada materi ajar seni tari di SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan datamelalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.Analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data secara pengambilan kesimpulan. Basil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran seni budaya ( seni tari) kelas VIII. I di SMP 4 Padang yaitu: ( 1) ) faktor siswa dilihat dari 3 Indikator yaitu Keinginan, Perhatian, dan Partisipasi hal ini dapat dilihat dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga berada pada kategori rendah. Hal ini dapat dibuktikan pada pertemuan pertama siswa yang berkeinginan pada pembelajaran tari hanya beberapa orang peneliti melihat pada saat pembelajaran berlangsung hanya beberapa orang siswa aja yang memperhatikan. Pada pertemuan kedua siswa masih terlihat tidak memperhatikan pembelajaran seni tari peneliti melihat siswa ada yang sibuk berbicara sesama temanya dan keluar masuk kelas, pada pertemuan ketiga partisipasi siswa pada pembelajaran seni tari kurang karena tidak semua siswa di dalam kelas yang berminat pada pembelajaran seni tari. (2) faktor guru,faktor guru yang artinya bahwa dengan tidak tepatnya penggunaan metode, pengelolaan kelas, dan penguasaan materi guru dalam mengajar berdampak pada kemampuan siswa dan merespon siswa dalam mengikuti pembelajaran seni tari ini. Metode yang diberikan guru tidak bervariasi sehingga siswa tampak bosan dan tidak peduli dengan pembelajaran seni tari sehingga pengelolaan kelas menjadi ribut ditambah dengan kurangnya penguasaan materi oleh guru dan (3) faktor sarana prasarana yang digunakan di SMP 4 Padang dalam proses pembelajaran seni tari tidak lengkap sehingga minat siswa dalam kegiatan pembelajaran seni tari rendah dikarenakan ruang yang tidak tersedia dalam proses pembelajaran seni tari, jadi proses pembelajaran belum efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22309

Actions (login required)

View Item View Item